INI LAH KERAJAAN SINTANG

Bukti pendirian kerajaan itu terdapat dalam Batu Kundur yang berada di sekitar kompleks istana. Hingga kini dikeramatkan oleh masyarakat sekitar.
Otonomi.co.id - Kerajaan Sintang yang berada di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar) memiliki sejarah panjang. Kerajaan ini didirikan Demong Irawan pada abad ke-13. Bukti pendirian kerajaan itu terdapat dalam Batu Kundur yang berada di sekitar kompleks istana. Hingga kini dikeramatkan oleh masyarakat sekitar.
Batu saksi Kerajaan Sintang
© 2017 otonomi.co.id/jalan-jalanyok.blogspot.co.id

Awalnya, ini merupakan kerajaan Hindu. Demong Irawan merupakan penyebar agama Hindu dari tanah Jawa yang datang ke kawasan Sintang dan sekitarnya. Kerajaan Hindu ini bertahan sampai abad ke-17, sampai masa pemerintahan Abang Tembilang atau Pengeran Agung dan kerabat Kerajaan Sintang masih memeluk agama Hindu.

Kemudian Islam mulai masuk kerajaan setelah pemerintahan Pangeran Tunggal dan kerabat istana memeluk agama tersebut. Namun, perubahan-perubahan mendasar di kerajaan dimulai saat pemerintahan Sultan Nata Muhammad Syamsuddin Sa'adul. Raja pertama yang bergelar Sultan.

Sultan Nata mulai menetapkan Kerajaan Sintang sebagai kerajaan Islam, menyusun undang-undang kerajaan, mendirikan masjid, serta membangun istana kerajaan. Pembangunana masih dengan bentuk dan arsitektur sederhana, mengadopsi rumah khas Suku Dayak, yaitu rumah panjang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah kerajaan ketapang/KERATON MATAN TANJUNG PURA

Keindahan Selat Karimata